Tutorial Mudah Cara Membuat Splash Screen Di Android Studio

Posted on

Cara Membuat Splash Screen Di Android Studio

Setiap membuka atapun menjalankan aplikasi android, pengguna akan disuguhkan dengan tampilan loading yang dapat memberikan kesan tertentu yang diberi nama splash screen. Umumnya tampilan tersebut berupa logo perusahaan ataupun logo dari aplikasi itu sendiri.  Karena tampilannya yang cukup menarik, apakah anda salah satu orang yang tertarik membuatnya sendiri ? Berikut cara membuat splash screen di android studio.

Beberapa Cara Membuat Splash Screen Pada Android Studio

  1. Membuat Project Baru

Sebelum memulai mempelajarinya lebih dalam, ada sedikit informasi bahwa ternyata membuat halaman tunggu ini bisa dilakukan dengan lebih dari satu cara. Agar lebih memudahkan, anda bisa mempelajarinya dari yang paling sederhana namun hasil yang didapatkan tidak kalah menarik untuk dilihat. Hal pertama yang akan dipelajari yaitu membuat splash screen codepolitan dan basic activity, yang mana akan berfungsi sebagai template awal.

Untuk memulainya, silahkan jalankan aplikasi Android Studio terlebih dahulu hingga muncul beberapa opsi yang bisa dipilih. Apabila ingin membuat project baru atau belum pernah sekalipun membuatnya, maka pilihlah opsi start a new android studio project. Setelah itu, akan muncul jendela baru yang berisikan nama file hingga dimana data tersebut akan disimpan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tekan next.

Tahapan cara membuat splash screen di android studio selanjutnya, yaitu mengatur opsi phone and tablet sesuai dengan kenginan lalu tekan next. Karena anda ingin membuat project baru, maka pilihlah opsi empty activity dan tidak lupa memberikan nama pada activity name sebelum menekan tombol finish. Tunggu beberapa waktu hingga muncul jendela baru kosongan yang bisa diisikan dengan membuat layout baru.

Cara membuat layout baru dapat dilakukan dengan klik kanan pada opsi layout yang terdapat di menu bar yang berada di sisi kiri anda, lalu tekan opsi new dan pilihlah XML untuk layout file. Secara otomatis, akan muncul jendela configure component dan masukkan layout file name lengkap dengan root tag lalu tekan finish. Secara otomatis, akan muncul layout baru yang memiliki nama seperti yang diisikan sebelumnya.

Belum selesai sampai disana, anda masih perlu membuat folder baru, yang dapat dilakukan dengan klik kanan di dalam folder java untuk memilih new java class. Pada tahapan selanjutnya, silahkan isi nama dengan splashscreen dan biarkan default pada opsi lainnya lalu tekan oke yang akan memunculkan SplashScreen.java. Langkah selanjutnya yaitu mengubah isi file pada splash_screen_layout.xml dan SplashScreen.java.

  1. Mengatur splash_screen_layout.xml

Pada kesempatan kali ini, anda akan diberi kesempatan untuk berkreasi sesuai dengan keinginan. Entah itu menambahkan logo, tulisan unik, atau bahkan background agar tampilan halaman tunggu menjadi lebih menarik dan tidak dimiliki oleh orang lain. Untuk memulai cara membuat splash screen di android studio, silahkan gunakan kode kode berikut.

<?xml version=”1.0” encoding=”utf-8”>

<RelativeLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”

android:layout_width=”match_parent”

android:layout_height=”match_parent” >

<item android:drawable=”@colorPrimary”/>

<ImageView

android:layout_width=”match_paret”

android:layout_height =”match_paret”>

</RelativeLayout>

Pada contoh kode diatas, pengguna aplikasi ini dapat mengatur warna pada bagian kode <item android:drawable=”@colorPrimary”/>. Sedangkan kode yang berada di bawahnya, merupakan pengaturan khusus untuk komponen logo. Mulai dari tinggi, lebar, atau bahkan sumber gambarnya jika ingin ditambahkan. Karena bisa diatur sesuai keinginan, maka disinilah tempat yang tepat untuk mengasah kreatifitas anda.

  1. SplashScreen.java

Di kesempatan kali ini, hal yang perlu dilakukan yaitu mengatur style khusus pada splash screen. Untuk membuatnya, silahkan buka file re/values/styles.xml kemudian tambahkan dengan kode komponen <style/> lainnya. Usai melakukan pengaturan ini, barulah anda bisa membuat file java baru yang kemudian diberi nama SplashActivity. Ternyata cara membuat splash screen di android studio inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai halaman tunggu.

Sebelum merankai kodenya, ada beberapa hal penting yang harus diketahui agar perintah tersebut dapat berjalan dengan baik dan tidak terjadi eror. Salah satunya yaitu pemberian nama SplashScreen.java, dimana pemberian nama Activity tidak diperbolehkan untuk menambahkan spasi ataupun karakter lainnya. Dengan begitu, karakter seperti koma hingga titik ada baiknya tidak digunakan.

<style name=”SplashTheme” parent=”Theme.AppCompat.Light.NoActionBar”>

<item name=”android:windowBackgound”>@draqwable/splash_bg</item>

</style>

Berfungsi sebagai splash screen, secara tidak langsung anda tidak perlu repot memberikan layout pada kode satu ini. Setelah membuat satu Activity baru dengan menggunakan cara manual, maka anda perlu menambahkannya pada AndroidManifest.xml secara manual pula. Sebagai pelengkapnya, jangan lupa untuk mengatur SplashActivity pertama yang telah dibuat sebelumnya. Dengan begitu, kode yang harus digunakan seperti berikut.

public class SplashScreen extends Activity {

//lakukan set berapa lama splashscreen berjalan

private static int splashInterval = 2000;

 

@Override

protected void onCreate(Bundle saveInstanceState) {

super.onCreate(savedInstanceState);

 

//silahkan pindah ke MainActivity ataupun activity lain jika memilikinya

// difungsikan saat memasuki splash screen

Intent intent = new Intent(this, MainActivity.class);

finish ();

}

}

Jika diperhatikan lebih teliti, anda akan menemukan kode bertuliskan finish ();. Kode ini akan memberikan perintah, agar pengguna aplikasi tersebut tidak dapat kembali melihat splash screen ketika menekan tombol back setelah berhasil masuk ke halaman utama aplikasinya. Agar dapat melihatnya kembali, jalan satu satunya hanyalah dengan close aplikasinya dan jalankan kembali seperti biasa.

Kode diatas hanyalah salah satu contoh perintah yang bisa dicontoh sebagai kerangka awal pembuatan splashscreen.java. Dengan kata lain, anda diberikan kesempatan untuk berkreasi dengan menambahkan beberapa perintah lainnya seperti mengatur durasi splash screen berjalan. Untuk memberikan perintah tersebut, silahkan edit pada variabel splashInterval menggunakan angka yang lebih besar daripada sebelumnya.

Agar splashscreen semakin cantik nan menawan, editlah sedikit kode diatas sesuai dengan kreatifitas yang dimiliki. Setelah melengapi kode kode diatas, cara membuat splash screen di android studio selanjutnya yaitu sedikit mengedit file AndroidManifest.xml yang berada di folder manifest. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, editan ini diperlukan karena anda telah membuat Activity baru secara manual.

<?ml version=”1.0” encoding=”utf-8”?>

<manifest xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”

package=”com.lobothijau.splashscreencodepolitan”>

<application

android:allowBackup=”true”

android:icon=”@mipmap/ic_launcher”

android:label=”@string/app_name”

android:roundIcon=”@mimpam/ic_launcher_round”

android:supportTsRTL=”true”

android:theme=”@style/AppTheme”>

<activity

android:name=”.MainActivity”

android:label=”@string/app_name”

android:theme=”@style/AppTheme.NoActionBar”>

<! –silahkan hapus Intent filter MainActivity — >

</activity>

 

<activity android:name=”.SplashActivity” android:theme=”@style/SplashTheme”>

<intent-filter>

<action android:name=”andorid.intent.action.MAIN” />

<catgory android:name=”android.intent.category.LAUNCHER” />

</intent-filter>

</activity>

</application>

</manifest>

Usai mengedit kode diatas, langkah terakhir yang harus dicoba tentu saja dengan menjalankan aplikasinya untuk mengetahui bagaimana hasil kreatifitas anda. Apabila ditemui eror ataupun kode tidak terbaca, silahkan teliti kembali apakah ada kesalahan penulisan kode ataupun permasalahan lainnya. Setelah mencoba cara membuat splash screen di android studio ini, bagaimana perasaan anda setelahnya ?

Selama menunggu aplikasi loading, secara sadar atau tidak anda telah melihat halaman tunggu berupa splash screen. Bukan hanya sekedar penghias, ternyata salah satu fungsi halaman tunggu ini yaitu menciptakan branding ataupun hanya menunggu proses data pada aplikasi. Jika anda tertarik membuat splash screen sendiri, silahkan ikuti tutotial diatas dan tambahkan dengan sedikit kreatifitas untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *