Cara Menghapus Malware Di Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Posted on

Cara Menghapus Malware Di Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Para pengguna android umumnya mengunduh beberapa aplikasi yang demi memenuhi kebutuhannya. Hanya saja, virus berbahaya seringkali mengintai dan masuk ke dalam android ketika proses pengunduhan berlangsung. Meski telah berusaha menghapusnya, ada kalanya virus masih bersemayam di dalam smartphone. Sebelum menyebabkan kerusakan fatal, berikut cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus.

Tips Mudah Menghapus Malware di Android

  1. Mengecek Aplikasi yang Terakhir Diinstall

Ketika menghadapi virus berbahaya yang sulit untuk dihapus, cobalah untuk tetap tenang dan mencoba mengecek aplikasi yang terakhir kali diinstal. Anda pun patut curiga ketika sebelumnya tidak pernah mendapati smartphone memunculkan iklan, namun secara tiba tiba hal tersebut terjadi usai menginstal aplikasi. Jika sudah demikian, tidak ada salahnya mengecek kembali aplikasi terakhir yang telah terinstall pada perangkat.

Langkah pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Addons Detector. Apabila belum memilikinya, silahkan unduh terlebih dahulu untuk memudahkan proses pengecekan. Setelah terinstall, cobalah klik scan untuk masuk ke menu insall date. Secara otomatis akan muncul daftar aplikasi berdasarkan tanggal instal. Usai menemukannya, silahkan klik hapus lalu pilih manage app dan tekan opsi uninstall.

  1. Memasang Antivirus Terbaik

Ancaman virus berbahaya dapat mengintai kapan saja, oleh karenanya penting untuk memberikan perlindungan ekstra kepada smartphone kesayangan anda. Langkah terbaik untuk memerangi ataupun memusnahkan virus yaitu memasang antivirus. Meski terkesan sepele, nyatanya aksi ini cukup ampuh sebagai cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus dengan mudah.

Jika menemukan virus berbahaya dan sudah dihapus, maka anda memerlukan sebuah antivirus unggul sekaligus memiliki database pengenalan virus terbaik. Dengan begitu, program antivirus dapat menghapus berbagai virus jahat seperti malware, trojan, dan masih banyak jenis virus lainnya. Jika memungkinkan, silahkan membeli antivirus dan hindari penggunaan antivirus free. Kenapa harus menggunakan yang berbayar jika bisa menggunakan yang gratis ?

Umumnya fitur yang disediakan oleh antivirus gratis akan diberi batasan. Sehingga kemungkinan besar ada beberapa virus yang tidak terdeteksi karena bukan versi lengkap. Sebagai langkah pencegahan, belilah antivirus secara resmi dan mengunduhnya dari sumber terpercaya. Namun perlu untuk diketahui bahwa memerangi malware tidaklah cukup hanya mengandalkan antivirus saja, sehingga anda perlu memberikan perlindungan lainnya.

  1. Menuju Save Mode

Ketika menyadari jika virus susah terhapus, maka memberikan perlindungan dengan masuk ke safe mode merupakan tindakan yang tepat. Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus ini dianggap cukup efektif, untuk menyingkirkan virus berbahaya seperti malware pada perangkat kesayangan anda. Agar masuk ke dalam save mode, cukup lakukan reboot dengan menekan tombol power pada perangkat lalu tekan dan tahan power off.

Tidak lama kemudian, akan muncul beberapa opsi yang bisa dipilih sesuai keinginan. Karena ingin menghapus virus dengan masuk ke save mode, maka pilih reboot to safe mode dan tekan oke. Usai melakukannya, kini anda bisa melakukan pengecekan di beberapa file maupun aplikasi yang dicurigai telah terserang virus. Apabila tidak ditemukan opsi uninstall, kemungkinan besar sudah diaktifkan oleh fungsi administrator bawaan dari perangkatnya.

Untuk bisa melakukan uninstall, silahkan nonaktifkan fungsi administratornya terlebih dahulu. Pertama tama, masuklah pada menu utama dan pilih menu security. Setelah itu, pilih opsi Device Admisitrator dan berikan tanda centang yang kolom yang tersedia. Usai melakukannya, anda bisa melakukan reboot perangkat androidnya. Ketika proses reboot telah usai, secara otomatis perangkat akan keluar dari mode safe dan smartphone dapat berjalan normal kembali.

  1. Cek Shortcut Monitor

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus selanjutnya, masih mengandalkan tools bernama Addons Detection. Tools satu ini akan membantu anda mengetahui aplikasi yang memunculkan shortcut pada app drawer. Yang dimaksudkan shortcut disini, yaitu sebuah ikon yang akan muncul bak aplikasi namun mengarahkan penggunanya untuk mengunduh aplikasi lainnya ataupun membuka jendela browser internet.

Sebagai langkah cerdas memusnahkan virus jahat satu ini, anda bisa masuk pada aplikasi Addons Detection dan pilih Shortcut Monitor untuk menekan tombol on. Tunggulah hingga prosesnya selesai sebelum keluar dari aplikasi tersebut. Pada langkah selanjutnya, silahkan perhatikan app drawer ataupun home screen secara teliti. Apabila terlihat shortcut namun tidak merasa pernah menginstallnya, segera masuk ke Addons Detector kembali untuk melakukan pengecekan.

Aplikasi satu ini akan memberitahukan aplikasi apa saja yang menambahkan shortcut tidak diinginkan tersebut. Saat mengetahui biang keladinya, dianjurkan untuk segera menghapus aplikasi yang bersangkutan pada pengaturan yang tersedia pada Addons Detector. Setelah aplikasi tersebut telah teruninstall, kemungkinan perangkat android dapat berfungsi optimal kembali seperti sebelumnya.

  1. Memantau Notifikasi Panel

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus selanjutnya yaitu dengan memantau notifikasi panel melalui tools Addons. Dengan mengandalkan tools tersebut, anda dapat mengetahui beberapa aplikasi yang dapat memunculkan notifikasi pada notofication panel. Meski terkesan sederhana, justru hal ini dapat membantu anda untuk memantau aplikasi nakal yang menjadi biang keladi atas kemunculan virus berbahaya seperti malware.

Pertama tama, silahkan buka Addons Detector terlebih dahulu kemudian pilih Notification Monitor. Saat muncul jendela baru, klik tombol on dan berikan centang pada tulisan Addons Detector. Setelahnya ada dua opsi yang bisa dilakukan, yaitu menunggu iklan muncul kembali ataupun melakukan aktifitas lainnya sembari menunggu iklan muncul untuk masuk ke Addons kembali. Kedua cara ini memiliki fungsi yang sama, yaitu mengetahui aplikasi yang menampilkan iklan.

Ketika mengetahui tersangka utamanaya, anda hanya perlu melakukan uninstall melalui menu pengaturan. Ketika aplikasi tersebut sudah dibinasakan, kemungkinan besar perangkat android dapat berjalan dengan normal seperti biasanya. Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya untuk memperhatikan aplikasi sebelum menginstallnya. Hal ini perlu dilakukan, agar malware tidak menyerang atau bahkan merusak perangkat android.

  1. Melakukan Factory Reset

Jika sudah melakukan upaya maksimal namun malware masih saja menghantui perangkat, maka tidak ada salahnya untuk melakukan factory reset sebagai cara terakhir untuk menghapus virus membandel. Bukan hanya menghapus virus berbahaya saja, namun cara satu ini juga bisa digunakan ketika menemukan berbagai permasalahan android lainnya. Bagaimana cara melakukan penghapusan virus melalui pengaturan pabriknya ?

Silahkan masuk pada menu pengaturan dan pilihlah opsi cadangan dan setel ulang pabrik. Ketika mengembalikan pengaturan pabrik, anda akan diminta memasukkan sandi ataupun pola kunci android dan pilih oke. Tunggulah beberapa saat hingga proses penyetelan ulang pabrik selesai dilakukan. Namun pastikan jika cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus ini hanya digunakan saat berbagai upaya sebelumnya tidak mempan dilakukan.

Smartphone sudah seperti perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Mendatangkan segudang keuntungan sekaligus mempermudah pekerjaan, akan dirasa menjengkelkan ketika smartphone kesayangan terserang malware. Agar virus membandel tersebut enyah, terapkan beberapa cara penghapusan virus seperti pada ulasan di atas. Lakukan segera mungkin sebelum malware yang akan merusak perangkat kesayangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *