Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Memory Internal Android Melalui PC

Posted on

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Memory Internal Android Melalui PC

Disebut teknologi canggih yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya, wajar jika smartphone begitu digandrungi masyarakat. Meski dibekali memori penyimpanan besar, pengguna seringkali mengeluhkan harus menghapus data sesering mungkin. Bahkan tak jarang pula, file penting pun ikut terhapus karenanya. Sebagi langkah pemulihan data, simak cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android melalui PC berikut.

Beberapa Cara Mengembalikan File Terhapus dari Memori Internal

  1. Mobikin Doctor for Android

Menyadari jika file penting ikut terhapus saat membuang file yang dianggap sampah memang kerap terjadi. Jika kondisi tersebut terjadi, usahakan untuk tetap tenang dan mengingat kembali apakah anda secara sengaja atau tidak menghapus file yang dimaksudkan. Jika memang data tersebut terhapus, maka anda bisa mengandalkan aplikasi canggih bernama Mobikin Doctor for Android.

Aplikasi populer satu ini diciptakan untuk menangani berbagai permasalahan yang kerap terjadi pada android, tidak terkecuali seperti kasus hilangnya data dari memori internal akibat terhapus. Cara penggunaan aplikasi ini pun mudah, sehingga penggunanya merasa sangat terbantu karena bisa menemukan file yang dimaksudkan. Apakah anda salah satu orang yang tertarik menggunakannya juga ?

Sebelum menggunakan aplkasi ini sebagai cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android melalui PC, silahkan unduh dan install aplikasi ini pada perangkat lain seperti komputer maupun laptop. Dengan kata lain, proses pengembalian file sampah hanya bisa dilakukan dengan adanya bantuan dari pihak ketiga. Beberapa file yang dapat dipulihkan cukup beragam seperti aneka macam file penting, aplikasi, hingga kontak sekalipun.

Apakah anda sudah berhasil menginstallnya pada PC ? Apabila Mobikin Doctor for Android sudah siap digunakan, segera jalankan aplikasi tersebut untuk mendapatkan kembali file yang hilang. Agar dapat melakukannya, jangan lupa untuk menghubungkan smartphone kesayangan pada perangkat komputer menggunakan kabel data USB original. Penggunaan USB original, akan membantu agar smartphone lebih cepat terkoneksi pada PC.

Ketika smartphone telah terdeteksi oleh perangkat komputer, menandakan jika proses pemulihan datanya dapat segera dilakukan. Untuk melakukannya, pertama tama bukalah software tersebut dengan cara double klik. Secara otomatis, aplkasi akan memindai perangkat smartphone yang terhubung dengan perangkat komputer. Selama proses pemindaian berlangsung, tunggulah dengan sabar terutama jika file yang terbuang cukup banyak.

Saat pemindaian selesai dilakukan, layar akan menampilan berbagai file yang sebelumnya masuk sebagai file sampah. Jumlahnya cukup melimpah, maka carilah dengan teliti dan pastikan semua data penting telah dipilih untuk dipulihkan ke perangkat android. Apabila dirasa cukup, silahkan lanjutkan proses pengembalian datanya dengan menekan tombol recover sebagai cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android melalui PC.

  1. Recuva

Salah satu aplikasi yang dapat mengembalikan file yang hilang ataupun terhapus dari memori internal adalah Recuva. Beberapa file yang dapat dipulihkan kembali pun cukup beragam, tidak terkecuali untuk file yang berasal dari recycle bin. Nama aplikasi ini sudah tidak lagi asing terdengar, lantaran sudah sangat membantu bagi pengguna android yang kehilangan file penting akibat kesalahan (bug) maupun terkena virus sekalipun.

Aplikasi populer ini setidaknya memiliki dua tampilan operasional yang terdiri dari Wizard dan tampilan standart. Ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini, Recuva secara otomatis akan menampilkan versi Wizard yang akan memberikan petunjuk penggunaan. Dengan adanya fitur tersebut, bahkan para pemula tidak akan lagi merasa kebingungan ketika hendak menggunakannya.

Untuk memulai pencarian file yang hilang, anda bisa menjalankan aplikasinya dahulu kemudian pilih next untuk cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android melalui PC. Sejak aplikasi berjalan, anda dapat melihat tampilan aneka macam file yang sudah masuk ke dalam daftar file sampah. Oleh sebab itu, masuk ke dalam aplikasinya membutuhkan waktu yang cukup lama karena aplikasi akan melakukan pemindaian secara otomatis.

Proses pemindaian akan terjadi pada perangkat smartphone yang memang sudah terhubung pada PC. Karena semua file sampah telah ditampilkan, maka tugas anda selanjutnya adalah memilih dan memilah file yang masih diperlukan dan mana yang tetap berada disana. Jika dirasa hasil pindaian kurang lengkap, silahkan berikan tanda centang pada enable deep scan dan klik start untuk memulai pencarian data lebih mendalam.

Saat menemukan file yang diinginkan, segera beri tanda centang lalu klik kanan untuk memilih opsi recover checked. Pengguna pun diberi kesempatan untuk memilih sendiri dimana tempat meletakkan file pulihan tersebut. Tak perlu menunggu terlalu lama, semua file tersebut akan dipindai dan secara otomatis telah tersimpan di tempat yang dipilih sebelumnya.

  1. Fonepaw Android Data Recovery

Tidak sengaja menghapus data penting yang tersimpan di memori internal smartphone memang menjengkelkan. Untuk mengembalikan semua data tersebut, anda membutuhkan aplikasi yang dapat memulihkan kembali file sampah tersebut. Fonepaw Android Data Recovery, disebut sebagai salah satu aplikasi yang siap membantu anda mengembalikan file terhapus secara tidak disengaja maupun tidak.

Kenapa harus aplikasi satu ini sebagai cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android melalui PC ? Aplikasi canggih ini sungguh luar biasa, pasalnya berbagai data dapat disimpannya dengan baik. Beberapa file yang tersimpan bukan hanya sekedar foto ataupun video semata, melainkan berbagai file dalam bentuk lain seperti kontak telephone, sms, bahkan hingga obrolan di aplikasi WhatsApp akan tersimpan dengan sangat baik.

Dengan semua keunggulannya tersebut, wajar jika aplikasi ini cukup populer digunakan di saat genting sekalipun. Bahkan kualitas datanya masih sama dengan aslinya, sehingga anda tak perlu khawatir berlebihan. Sebelum menggunakan aneka fitur pada aplikasi ini, pastikan untuk mengunduh dan melakukan install terlebih dahulu melalui perangkat komputer. Pada langkah selanjutnya, hubungkan smartphone ke perangkat ketiga menggunakan kabel data USB.

Ketika smartphone telah terdeteksi ke perangkat komputer, saatnya untuk mengaturnya pada mode USB debugging. Pengaturan tersebut terletak pada menu setelan, dan kemudian pilih opsi pengembang untuk mengaktifkan perunutan USB. Ketika mode tersebut telah aktif, silahkan jalankan aplikasi yang sebelumnya telah terinstall. Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi, langsung saja menuju menu Just File Type atau dapat dimunculkan dengan memilih Select All.

Usai menemukan menu yang dimaksud, segera tekan next untuk memulai proses pendeteksian file terhapus. Tunggu beberapa saat kemudian hingga aplikasi berhasil mendeteksi beberapa file yang hilang. Dari sekian banyak file yang dilampirkan, silahkan pilih data yang diinginkan lalu tekan tombol recover sebagai cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android melalui PC.

Menghapus beberapa file umumnya dilakukan para pengguna android agar penyimpanan internal terasa longgar. Namun sayangnya, penghapusan data tersebut disertai dengan rasa penyesalan setelahnya. Belum lagi jika lupa untuk melakukan backup data, sehingga semua data terhapus begitu saja. Namun kini tak perlu khawatir kembali, karena anda bisa menerapkan beberapa tips di atas untuk mengembalikan file yang terhapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *