Cara Memotong Video Di Laptop Tanpa Aplikasi Dijamin Work

Posted on

Cara Memotong Video Di Laptop Tanpa Aplikasi

Teknologi yang semakin berkembang akan membantu manusia untuk mengabadikan momen baik video maupun foto. Sebab kini masing masing smartphone juga sudah mumpuni untuk dokumentasi. Untuk anda yang menyukai dokumentasi dengan video tentunya juga memikirkan untuk mengeditnya. Memotong atau mengedit video bisa dilakukan tanpa aplikasi, seperti pada ulasan cara memotong video di laptop tanpa aplikasi berikut.

Langkah Langkah Memotong Video Di Laptop Tanpa Menggunakan Aplikasi

  1. Memanfaatkan Pemotong Video Online Kipwing.com

Jika anda tidak ingin menggunakan aplikasi untuk mengedit atau memotong video, maka anda bisa menggunakan pemotong video online. Ada beberapa situs yang menyediakan pemotongan video secara online. Videonya bisa berupa yang sudah diunduh, hingga yang masih berada di situs lain. Jika videonya berasal dari dokumentasi anda sendiri tentunya sangat bisa untuk dipotong menggunakan pemotong video online satu ini.

Salah satu situs yang bisa digunakan adalah Kapwing.com. Langkah yang bisa anda lakukan adalah menuju situs tersebut menggunakan browser yang biasanya digunakan. Apabila anda akan memotong video yang telah anda miliki, maka anda harus mengupload terlebih dahulu. Ada tombol upload yang akan mengarahkan anda pada video yang ingin diunggah. Sementara jika ingin memotong video yang masih belum diunduh anda bisa salin URLnya.

Jika semua proses tentang videonya sudah beres, maka cara memotong video di laptop tanpa aplikasi selanjutnya adalah memasukkan video pada form pemotongan. Biasanya akan muncul secara otomatis jika sudah selesai prose uploadnya. Anda bisa langsung menentukan bagian mana yang ingin anda potong. Caranya dengan menggeser ikon bulat yang akan muncul dari awal video hingga akhirnya. Anda letakkan saja kursornya pada video yang akan dipotong.

Agar tidak salah potong, anda juga bisa meninjau terlebih dahulu apakah sudah pas atau belum. Tayangan videonya akan berada pada pojok kanan dan kiri dari layar. Jika anda merasa sudah selesai dan pas silahkan klik Done Trimming. Anda hanya perlu menunggu hingga proses pemotongan selesai. Jika anda sudah memotong bagian yang dikehendaki dan dianggap selesai, anda bisa langsung mengunduh hasil dari videonya.

Mengunduhnya langsung saja klik tombol Download. Hasil dari pemotongan ini biasanya akan memiliki watermark dari situs Kapwing sendiri. Namun tenang saja watermark ini juga bisa dihilangkan. Caranya dengan memilih opsi Remove Kapwing Watermak pada bagian atas. Hanya saja anda harus log in menggunakan Facebook atau akun Google terlebih dahulu. Setelah log in barulah anda bisa mendownload hasilnya yang tanpa watermark.

  1. Memotong Video Dengan Situ Ezgif

Cara memotong video di laptop tanpa aplikasi selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengakses situs Ezgif. Ezgif sendiri adalah situs yang menyediakan alat pengeditan animasi GIF dengan cara online. Namun tidak hanya bisa digunakan untuk GIF saja karena situs ini juga dilengkapi dengan pemotong video. Dan tentunya tidak berbayar atau secara gratis dalam mengaksesnya. Video hasilnya juga akan bebas dari watermark.

Untuk menggunakannya, anda harus membuka alat pemotong yang ada di situs Ezgif.com. Jika sudah terbuka silahkan memilih Pilih File dan tentukan video yang akan anda potong. Video melalui URL juga bisa dimasukkan dengan cara paster URL di kolom ‘OR paste Video URL’. Jika sudah menemukan videonya langsung saja pilih Upload Video. Tunggu beberapa saat hingga video yang akan dipotong sudah terupload dengan sempurna.

Anda bisa langsung memutar video pada bagian awal video yang anda inginkan. Klik Use Cureent Position di baris start time. Jika sudah anda bisa kembali memutar video hingga pada bagian akhir videonya. Anda tentukan untuk akhir video ingin mengambil bagian yang mana. Lakukan langkah yang sama yakni pilih Use Current Position namun di bari End Timenya. Apabila sudah, cara memotong video di laptop tanpa aplikasi langsung saja klik tombol Cut Video.

Mengunduh hasilnya bisa langsung mengklik ikon titik tiga yang ada pada pojok kanan di pemutar video bawah. Pilih saja opsi Download maka hasilnya sudah bisa anda nikmati. Meskipun simple dan mudah, situs satu ini tidak bisa digunakan untuk video yang ukurannya lebih dari 100 MB. Tapi untuk video yang diunduh di Youtube atau media sosial biasanya bisa. Karena ukuran videonya biasanya kurang dari 100 MB.

  1. Menggunakan Windows Movie Maker

Memang jika menggunakan Windows Movie Maker berarti menggunakan Aplikasi. Hanya saja pemotong video ini biasanya sudah menjadi bawaan dari Laptop berbasis Windows. Bahkan bisa dikatakan aplikasi ini bawaan resminya. Pemotong video ini meskipun bawaan namun terbilang populer. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini agar video anda semakin bervariasi dan berinovasi. Sebab nantinya bisa ditambahkan dengan efek efek khusus.

Aplikasi satu ini juga sangat ringan untuk dijalankan, sehingga meskipun laptopnya tidak berspek khusus editing tetap bisa digunakan. Belum lagi cara memotong video di laptop tanpa aplikasi ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Langkah pertama yang harus anda lakukan tentunya masuk pada Windows Movie Maker terlebih dahulu. Apabila ternyata belum ada, anda bisa menginstallnya terlebih dahulu, space sizenya kecil sehingga cepat.

Jika sudah terbuka jendela Windows Movie Maker, anda bisa langsung pilih ikon tambah atau + dijendela tampilan. Setelah itu klik Import File video yang ingin anda edit atau potong. Klik open jika videonya sudah ditemukan dan ditentukan. Tunggu beberapa saat hingga video bisa terbuka sepenuhnya. Nantinya akan muncul track pada video yang tandanya adalah garis biru di tracknya. Silahkan saja klik garis birunya untuk memilih posisi yang dipotong.

Fitur split juga akan langsung aktif ketika anda mengaktifkan garis birunya. Split ini merupakan ikon gunting yang akan anda gunakan untuk memotong video. Anda bisa memangkas tidak hanya pada satu bagian saja. Namun beberapa bagian yang memang anda kehendaki. Apabila sudah selesai, anda bisa langsung klik Export untuk menyimpan video yang telah dipotong. Berikan nama file dan lokasi foldernya kemudian simpan.

Untuk penyimpanan video dengan cara memotong video di laptop tanpa aplikasi ini, ada beberapa pilihan kualitas yang bisa anda pilih. Jika ingin hasilnya lebih tajam dan juga jernih anda pilih HD. Kualitas HD ini yang paling disarankan jika ingin hasilnya memuaskan. Tetapi juga tidak masalah jika ingin kualitas di bawahnya. Penggunaan Windows Movie Maker ini mudah, anda bisa dengan cepat beradaptasi dan mengeksplore banyak hal di dalamnya.

Untuk memotong video sederhana tidak harus menggunakan aplikasi editing video yang profesional. Mengingat aplikasi tersebut membutuhkan laptop yang memadai dan keahlian tersendiri. Sehingga memanfaatkan situs online dan juga aplikasi bawaan bisa membantu anda untuk memotong video. Apalagi rata rata cara penggunaannya juga mudah dan bisa dilakukan siapapun. Anda bisa memilih berbagai cara yang anda anggap paling praktis dan paling mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *