6 Cara Mengatasi SD Card Write Protected di Android, Mudah dan Praktis!

Posted on

6 Cara Mengatasi SD Card Write Protected di Android Mudah dan Praktis

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan SD Card atau kartu memorimu muncul write protected. Salah satu penyebabnya adalah kamu belum membuka tombol Lock dari SD Card tersebut. Cara mengatasi SD Card write protected di android bisa menjadi salah satu solusi yang dapat kamu lakukan. Selain menggunakan perangkat android, tentunya ada cara-cara yang lain agar masalahmu ini bisa terselesaikan.

Write protected adalah kondisi dimana kerja perangkat SD Card dibagi menjadi dua, yaitu pertama untuk Read dan yang kedua untuk Write. Maksudnya, bagian Read digunakan untuk membaca data-data yang ada, sedangkan write digunakan untuk aktivitas menulis, seperti copy, paste, dan format. Nah, berikut adalah cara mengatasi SD card write protected. Langsung saja simak caranya berikut ini.

Cara Mengatasi SD Card Write Protected di Android

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalahmu yang satu ini. Nah, kamu tinggal pilih saja cara mana yang sekiranya mudah untuk diikuti.

Dengan Membuka Tombol Lock Pada SD Card

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah write protected pada SD card kamu, adalah dengan membuka tombol ‘Lock’ yang terdapat di SD card. Tombol ‘Lock’ ini memang sekali sulit ditemukan. Letak tombol ini, biasanya terletak pada bagian samping SD Card. Nah, untuk membuka fungsi dari tombol ini, kamu cukup menggeser saja ke posisi ‘unlock’.

Tapi ada beberapa SD Card yang mengharuskanmu menekan tombolnya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa fungsi dari tombol ‘Lock’ pada SD Card adalah untuk mengunci ‘Write’ pada kartu memori. Selain itu, tujuan lain dari membuka tombol ‘Lock’ adalah untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi, misalnya agar SD Card terhidar dari serangan virus.

Jika memang tombol ‘Lock’ pada SD Card tidak berfungsi, maka kamu bisa saja menggaransikan SD Card-mu tersebut. Tombol ‘Lock’ yang tidak berfungsi bisa saja karena SD Card tersebut mengalami eror pada fungsi ‘Write-nya’. Biasanya setiap toko baik online atau offline selalu memberikan garansi pada SD Card yang kamu beli.

Dengan Membersihkan Kartu Memori Menggunakan Penghapus

Cara lain yang dapat kamu tempuh untuk mengatasi masalah yang satu ini, adalah kamu bisa saja menggunakan penghapus. Bagaimana caranya? pertama, lepaskan kartu memori kamu, lalu ambil penghapus yang kamu milki. Perlu kamu ketahui, SD Card memilki bagian berwarna kuning, yang sering disebut sebagai konektor.

Nah, pada bagian konektor inilah yang perlu kamu bersihkan menggunakan penghapus. Gosoklah secara perlahan menggunakan penghapus. Jika bagian konektor kotor maka bisa saja mengakibatkan SD Card mengalami berbagai kerusakan salah satunya adalah terjadi masalah write protected.

Dengan Cara Format Melalui HP Android

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa saja menformat SD Card-mu melalui HP Android. Caranya mudah simak saja langkahnya berikut ini.

  • Pertama, kamu perlu memasukan terlebih dahulu SD Card atau kartu memori kamu ke HP Android kamu
  • Setalahnya, masuk ke munu ‘File Manager’
  • Pada menu ‘File Manager’ pilih dan tekan opsi ‘Kartu Memori’. Tekanlah sampai muncul pilihan untuk mengformat
  • Kemudian, tekan tab ‘Format’ untuk memulai proses format
  • Tunggu saja sampai proses selesai.

Itulah cara mengatasi SD Card write protected di Android, selain itu tentunya masih ada cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi write Protected pada SD Card kamu.

Dengan Bantuan CDM

CDM windows terdapat beberapa perintah yang bisa saja membantu kamu dalam mengatasi masalah, seperti write protected pada SD Card. Nah, caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, kamu perlu menyambungkan SD Card kamu ke PC atau Komputer yang kamu miliki. Untuk menyambungkanya, kamu bisa menggunakan Card Reader
  • Setelahnya, klik tombol windows dan R, lalu klik Run, dan kemudian klik ‘Oke’
  • Berikutnya, kamu perlu mengetikan ‘Dispart’, kemudian klik ‘Enter’
  • Setelah masuk pada menu Dispart, kamu perlu mengetikkan ‘Listdisk’, kemudian tekan ‘Enter’
  • Selanjutnya, ketikan ‘Select Disk 1’ lalu tekan ‘Enter’
  • Ketikan ‘Attribute Disk Clear Readonly, lalu tekan ‘Enter’
  • Tunggu saja prosesnya sampai muncul pesan ‘Successfully’
  • Setelah selesai, lepaskan saja SD Card.

Dengan Menggunakan Regedit

Pada Regedit terdapat perintah yang berfungsi untuk mengunci fungsi ‘Write’ pada perangkat tertentu. Nah, kamu juga dapat menggunakan Regedit untuk mengatasi masalah write protected pada SD Card kamu. Caranya sebagai berikut.

  • Pertama, tekan tombol ‘Windows’ dan ‘R’, lalu ketikan Regedit pada PC kamu, kemudian tekan ‘Oke’
  • Setelahnya, buka ‘HKEY­_LOCAL_MACHINE’, lalu buka ‘SYSTEM’, kemudian buka ‘CurrentControlSet’, lalu ‘Control,’ kemudian terakhir buka ‘StorageDevicePolicies’
  • Pada menu tersebut ada pengaturan ‘Write Protect’. Silakan untuk membukanya dengan klik dua kali atau double klik
  • Kemudian, kamu perlu mengubah nilainya menjadi 0, setelahnya klik ‘Oke’
  • Setelah fitur ‘Write-Protect’ mati, kamu bisa langsung mencoba tes format pada SD card kamu.

Dengan Low Level Format

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan Low Level Format. Berikut ini cara dan langkah-langkahnya.

  • Pertama download dan isntal Low Lavel format pada PC kamu
  • Setelahnya, buka aplikasinya
  • Sambungkan SD card kamu ke PC kamu dengan menggunakan Card Reader
  • Lalu kamu tinggal ikuti langkah-langkah atau panduan untuk mengformat Sd card di apliaksi tersebut

Tak hanya dapat mengikuti  cara mengatasi SD Card write protected di Android, kamu juga bisa melakukan cara lain seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, agar masalah write protected pada SD Card atau kartu memorimu teratasi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *