4 Cara Membuat Login di Android Studio Dengan Database MySQL

Posted on

4 Cara Membuat Login di Android Studio Dengan Database MySQL

Cara Membuat Login di Android Studio dengan database MySQL – Android studio adalah Intergrated Development Environment (IDE) resmi yang digunakan untuk pengembangan aplikasi Andorid, berdasarkan Intellij IDEA. Tentunya ada beragam fitur yang ditawarkan dari Android studio. Berikut adalah fitur yang ditawarkan dari Android Studio.

Fitur-fitur Android Studio

  • Fitur Environment, fitu ini dapat mempermudahkanmu dalam mengembangkan aplikasi untuk Android
  • Fitur Template, dapat digunakan untuk menentukan desain dan komponen Android
  • Fitur support, dapat digunakan untuk membantu pengembangan aplikasi Android TV dan Android Wear
  • Fitur Editor Layout dengan interface drag and drop
  • Fitur lint Tools, yang dapat digunakan untuk memberikan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainya
  • Didukung dengan C++ dan NDk
  • Dukungan bawaan dari Googe Cloud Platform yang dapat memungkinkan untuk integrasi denagn Google Cloud Messaging dan App Engine
  • Sudah didukung dengan intergrasi ProGuard
  • Dukungan emulator yang lebih cepat dengan berbagai fitur

Itulah beberapa keunggulan yang bisa didapatkan jika kamu menggunakan Android studio untuk pengembangan atau proses penciptaan aplikasi yang sedang kamu lakukan. Sebelum melakukan proses login ke android Studio, maka kamu perlu terlebih dahulu menginstal aplikasi ini.

Kamu cukup mendowload aplikasi Android studio pada ditus resmi. Untuk menjalankan Android studio, kamu juga perlu sekali mendownload Java Development kit. Kamu bisa mendownloadnya pada situs resmi. Pastikan ruang penyimpanan Laptop kamu cukup untuk mendownloadnya.

Jika kamu menggunakan windows OS, maka ada beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh laptop milikmu tersebut. Syaratnya antara lain, Microsoft windows 7/8/10, memilki RAM minimal sebesar 2GB tapi agar berjalan lancar maka kamu perlu menggunakan laptop dengan RAM sebesar 8GB, minumun kapasitsas penyimpanan yang tersedia adalah 2GB, resolusi minum laptop adalah 1280×800, dan telah didukung dengan Java Development kit 8.

Bagi kamu yang mamang ingin membuat atau bahkan sudah melakuakn proses penciptaan dari aplikasi yang didukung oleh Android Studio. Maka pada aplikasi tersbut akan disediakan bagian berupa login. Nah, pada ulasan kali ini akan membahas mengenai cara membuat login di Android Studio dengan database MySQL. Langsung saja simak caranya berikut ini

Cara Membuat Login di Android Studio Dengan Database MySQL

Ada tahapan-tahapan yang harus kamu lalui untuk login. Setiap tahapan tidak serumit yang kamu pikirkan. Agar tak terkesan rumit dan menyulitkan kamu, maka kamu perlu sekali membaca tahapan demi tahapan secara teliti dan secara detail, agar tahapan bisa dilakukan dengan mudah. Langsung saja simak ulasan cara login di Android Studio dengan database MyQSL berikut ini

Menciptakan Database Dengan MySQL

Pada tahapan pertama kamu harus memenuhi atau terlebih dahulu menciptakan database. Database digunakan untuk menyimpan secara benar semua data yang dibutuhkan nantinya untuk login. Maka dari itu penting sekali menciptakan database sebelum membuat login di Android Studio dengan MySQL.

Pembuatan database pun memerlukan server khusus, server yang digunakan ada beragam, mulai dari xampp, wamp, lamp dan tentunya masih banyak lagi. Xampp menjadi salah satu server yang sering sekali digunakan, terlebih lagi untuk para pemula.

Saat xampp sudah terdeteksi sebagai server kamu, maka kamu perlu segera melakukan pembuatan database, berupa penentuan nama. PHP MyAdmin menjadi bagian yang mengatur hal tersebut. Setalah selesai buatlah folder khusus sebagai tempat penyimpanan data login dari PHP yang telah ada. Kamu bisa menaruhnya pada xampp.

Membuat Koneksi Database

Setelah selesai dengan tahap pertama, kamu bisa melanjutkan ke tahap ke dua. Pada tahap kedua, kamu harus membuat sambungan. Hal ini agarĀ  setiap proses pada PHP dapat masuk sempurna ke dalam Android Studio, maka dari itu hal ini sangat penting untuk kamu lakukan. Pada tahapan ini, akan langsung muncul nama database yang telah di buat di PHP, serta dapat digunakan sebagai proses koneksi.

Membuat Desain Tampilan Dari Login

Jika sudah selesai dengan tahap pertama dan kedua, maka tahap selanjutnya adalah tahap ke tiga. Pada tahap ini, kamu akan lebih diarahkan ke arah menciptakan atau mendesain tampilan menu login pada suatu aplikasi. kamu dapat membuat atau mendesai tampilan login yang unik dan tentunya Kamu bisa menuangkan segala ide kreatifmu untuk membuat tampilan semenarik mungkin untuk dilihat.

Kamu bisa memilih warna, logo sesaui dengan seleramu, dan kombinasikan dengan seimbang agar hasilnya bagus. Perlu diingat untuk membuat tampilan dari login, kamu perlu membuka terlebih dahulu activity_login.xml.

Proses Login di Andorid Studio

Setelah melewati tiga proses, maka proses selanjutnya adalah proses login di Android studio. Setalah tampilan login sudah dibuat dan dipersiapkan dengan baik dan benar. Kini saatnya kamu bisa memulai proses login supaya semua data dapat diolah dengan benar di database.

Pada proses ini mengaharuskan adanya suatau class baru untuk wadah proses login. Pembuatanya cukup dengan mengisi script, jika sudah selelsai maka dapat digunakan untuk masuk ke class login. Pada class proses login ini nantinya akan menampung proses untuk proses data, supaya bisa mengambil data yang berasal dari database.

Nah, itu dia beberapa tutorial coding cara membuat login di android studio dengan database MySQL. Kamu bisa mencobanya sendiri sekarang. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *